Jobs in Indonesia -REERACOEN Indonesia help you finding the right job.

+6221-5723322Time:9:00-18:00(Mon-Fri)

EnglishJapaneseIndonesiaThis button does not switch languages,
but shows jobs for that country.

+6221-5723322Time:9:00-18:00(Mon-Fri)

This button does not switch languages,
but shows jobs for that country.

2019.10.25最終更新日:2019.10.25

Meningkatkan daya saing perusahaan melalui pengembangan SDM

 

Salah satu faktor yang menentukan seberapa besar daya saing perusahaan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Sebuah perusahaan dapat terus berkembang menjadi lebih besar tak lepas dari peranan sumber daya manusia. SDM yang unggul dan kompeten merupakan faktor utama agar perusahaan dapat berkembang lebih lagi. Namum demi menciptakan SDM yang berkualitas tidak bisa dilalukan secara instant. Pentingnya manajemen SDM dalam perusahaan menjadi hal yang penting bagi setiap perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Sebelum melakukan strategi pegembangan SDM, perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu arah strategi bisnis yang akan dijalankan. Hal ini penting untuk memberikan fokus mengenai profil dan kebutuhan pegawai yang harus dipenuhi. Dengan demikian, kebijakan yang diambil dalam strategi perencanaan SDM dapat selaras dengan strategi bisnis perusahaan ke depannya.

 

Setelah menyelaraskan dengan strategi bisnis, hal penting yang harus dilakukan selanjutnya dalam strategi pengembangan SDM adalah mengestimasikan jumlah pegawai yang keluar (pensiun atau mengundurkan diri) untuk menentukan kebutuhan jumlah SDM di masa mendatang. Dari perkiraan ini, perusahaan dapat memetakan kapan dan bagaimana sebaiknya mereka mengadakan proses rekrutmen dan seleksi.

 

Dalam manajemen sumber daya manusia, strategi pengembangan sumber daya manusia perlu dilalukan untuk membentuk personal yang berkualitas dengan keterampilan, kemampuan kerja, keahlian, dan loyalitas kepada perusahaan. Strategi pegembangan SDM tidak hanya terbatas pada pendidikan dan pengembangan keterampilan, namun ada banyak cara berupa : 

 

  1. Pelatihan

Dengan melakukan pelatihan, perusahaan dapat mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Tidak hanya untuk karyawan tetapi pelatihan juga berguna bagi perusahaan. Perusahaan tidak akan berkembang jika karyawannya tidak memiliki keterampilan dan minat kerja yang tinggi. Melalui pelatihan, perusahaan dapat menggali potensi terbaik dari setiap karyawannya.

 

  1. Pendidikan

Umumnya demi kepentingan perusahaan, beberapa karyawan diberikan perusahaan. Seperti pendanaan biaya kuliah S2 pada bidangnya, sertifikasi karyawan, atau mengikuti seminar-seminar serta pelatihan yang bersifat formal. Pengembangan SDM melalui pendidikan dapat meningkatkan kemampuan kerja dan pengembangan yang bersifat formal yang berkaitan dengan karir mereka.

 

  1. Pembinaan

Fungsi organisasi karyawan dalam sebuah perusahaan bertujuan untuk membina dan mengatur karyawan dengan melakukan program-program seperti perencanaan dan  penilaian, performance appriasal, job analytic, job classfication, dll.

 

  1. Recruitment.

Recruitment bertujuan untuk memperoleh SDM yang sesuai klasifikasi kebutuhan perusahaan dan sebagai  salah satu alat perusahaan dalam pembaharuan dan pengembangan.  

 

  1. Perubahan sistem.

Perubahan sistem memiliki tujuan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur perusahaan sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancaman dan peluang faktor eksternal. Dalam pengembangan SDM tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena hal ini menyangkut kualitas SDM untuk sebuah perusahaan. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

 

Pegembangan SDM dengan nyata seperti diatas, dukungan dari perusahaan berupa kepuasan dan kenyamanan juga diperlukan agar karyawan pun merasa dihargai dan minat kerja karyawan pun meningkat. Seperti memberikan kebebasan terhadap karyawan dalam menyalurkan ide-ide terkait pengembangan perusahaan, pemberian penghargaan atau fasilitas berupa lingkungan kerja yang mendukung. 

 

Perencanaan SDM pada dasarnya berfungsi untuk mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan perusahaan dan merancang agar prosesnya dapat diberlakukan maksimal untuk mendapatkan SDM yang berkualitas. SDM yang berkualitas nantinya bukan hanya sekadar menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab mereka di perusahaan. Dengan skill dan kompetensi yang dimiliki, mereka akan dapat meningkatkan daya saing perusahaan menghadapi tantangan bisnis yang semakin berat, bahkan menjadi ujung tombak bagi kesuksesan perusahaan di masa depan.

OTHER BLOG関連するお役立ちブログ

view more
back

LOGINログイン